Tanjungpinang Pos | Jujur, Jernih dan Akurat

Senin, 10 Februari 2014

Pemekaran Wilayah "Berkembang sesuai Tuntutan Zaman"


Reformasi, mungkin kita semua sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata tersebut, sejak tahun 1998 hingga saat ini kita berada pada zaman Reformasi, zaman yang memiliki banyak warna. Walaupun banyak kalangan menilai reformasi di negara Kita ini terbilang lambat atau bahkan ada yang berpendapat masih jauh dari harapan dan cita-cita bersama untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik lagi, namun tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa zaman reformasi justru memberikan banyak keuntungan, terutama bagi daerah-daerah baik daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah maupun yang tidak. Salah satunya adalah daerah Kepulauan Riau yang lahir di era reformasi.

Walaupun Provinsi Kepulauan Riau masih seumur jagung, namun Provinsi Kepulauan Riau telah berupaya dan akan terus berupaya dengan segala tenaga dan potensi yang ada untuk terus memperjuangkan kesejahteraan masayarakat khususnya masyarakat Kepulauan Riau. Setelah resmi menyandang sebagai sebuah Provinsi, daerah ini telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, lihat saja pada awalnya pada tahun 2004 Provinsi ini baru memilki 3 kabupaten dan 2 Kota, akan tetapi sejalan dengan waktu dan perubahan keinginan kepentingan masyarakat maka pada tahun-tahun berikutnya dibentuk lagi 1 Kabupaten baru yaitu Kab. Lingga, selanjutnya menyusul kemudian Kab. Anambas. Pemekaran daerah ini tentu sudah memiliki dasar serta kajian yang kuat karena tanpa itu sulit rasanya terjadi, selain itu dengan adanya pemekaran ini tentu lebih mudah menjangkau keinginan dan kepentingan masyarakat banyak. Contohnya saja Kabupaten Bintan yang telah terpisah dari Kota Tanjungpinang, sejak terbentuknya Kabupaten Bintan ini perkembangan Bintan lebih cepat dan pesat diberbagai sektor, khususnya sektor industri dan pariwisata. 

Hari ini pemberitaan mengenai pemekaran kabupaten baru di Bintan sudah mulai terdengar semakin kuat, setelah beberapa waktu yang lalu juga santer terdengar pemberitaan mengenai pemekaran daerah karimun tepatnya pulau kundur yang akan dijadikan Kabupaten baru yang bernama Kabupaten Kundur. Di Bintan juga akan dimekarkan sebuah kabupaten baru yaitu Kabupaten Bintan Timur yang terdiri dari beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Bintan Timur, Mantang, Bintan Pesisir, Gunung Kijang dan Tambelan. Walaupun pemekaran Kabupaten Bintan Timur ini masih dalam proses persiapan baik kajian akademisnya maupun hal lain yang diperlukan seperti rancangan Undang-undang dan lain sebagainya, namun kita berharap agar Tim Pemekaran dapat bekerja lebih optimal lagi sehingga sesuai dengan tujuan yang diinginkan yaitu mewujudkan kepentingan kesejahteraan masyarakat.

Perlu juga untuk kita ketahui bahwa Pemkab Bintan telah berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam perjuangan pemekaran wilayah ini. apalagi sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa pemekaran wilayah merupakan hal yang baik untuk percepatan pembangunan di daerah. Jika dari pihak Pemkab sudah clear lantas bagaimana dengan pihak DPRD Bintan? masyarakat hanya bisa berharap agar seluruh pihak baik Tim Pemekaran maupun DPRD bisa mengambil sikap lebih tepat dan cepat sesuai tuntutan zaman supaya daerah kita tidak ketinggalan dengan daerah lainnya. 

Ketua Umum dari partai Golkar Provinsi Kepulauan Riau yang juga menjabat sebagai Bupati Bintan Bapak Ansar Ahmad menambahkan dengan menirukan selogan yang pernah dipopulerkan oleh Yusuf kalla " lebih cepat, lebih baik". Mari kita dukung pemekaran kabupaten Bintan Timur. Selamat berjuang Tim Pemekaran dan Para Anggota Dewan DPRD Bintan.

Kasi Komentar

Entri Populer